Pancasila sebagai dasar pembangunan Indonesia Emas


 Materi VIII

Ema Umiyyatul Chusnah, S.T., M.M.Pd - Komisi IV DPR RI

Tema:
Pancasila sebagai dasar pembangunan Indonesia Emas 


Tantangan yang dihadapi oleh Indonesia dalam mempersiapkan bonus demografi ini cukup besar. Salah satunya adalah masuknya paham radikalisme dan ideologi anti Pancasila di Indonesia. 
Pendalaman karakter manusia Indonesia yang berdasarkan nilai-nilai pancasila akan menjadi tameng yang cukup kuat untuk menangkal paham-paham radikalisme. 

Pada hakikatnya pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional mengandung arti bahwa segala aspek pembangunan harus mencerminkan nilai-nilai pancasila. 

Pancasila sebagai konfigurasi budaya bangsa merupakan nilai-nilai budaya inti (Core Values) yang harus dijabarkan dan dikembangkan dalam sejumlah nilai dan pranata sosial sejalan dengan pengembangan masyarakat, kemajuan teknologi dan perubahan lingkungan. 

Nasionalisme kemanusiaan diwujudkan melalui kegiatan dakwah dan pendidikan untuk menghasilkan SDM yang unggul dalam meneguhkan dan menyebar kan pemahaman aswaja sebagai pilar penguatan adaptasi, integrasi, pencapaian tujuan dan pemeliharaan tatanan sebagai bangsa yang berdaulat. 


Lihat resume teman saya : Firda

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proses pelayanan kesehatan